Jumat, 12 April 2013

Internet - Pengertian PING

Melakukan Ping Nilai MTU



Pertama,Saya yakin sudah banyak rekan yang melakukan "Ping" ini (biasanya ke server Google). Pertanyaannya adalah, setelah melakukan ping, pahamkah dengan reply yang muncul, dan apa tindak lanjut Anda setelah Ping tsb.

  • Ping adalah proses transmisi paket data dengan ukuran (MTU) tertentu untuk mengetahui level kinerja (status transmisi paket data) dari koneksi yang kita miliki.

Dengan ping kita bisa :
  1. menilai kondisi performa koneksi kita, dan kemudian
  2. melakukan perubahan tertentu, agar
  3. mencapai level paling optimal untuk sistem koneksi yang kita gunakan.

Jadi yang penting disini, bukan melakukan Ping nya, tetapi tindak lanjutnya lah yang terpenting. Percuma saja melakukan ping jika tidak ada tindak lanjutnya. Apa lagi jika dilakukan langsung dari menu [RUN], dengan mengketikkan : ping www.google.com maka reply nya pasti tidak sempat terbaca karena cepat menghilang dari pandangan.

Jika ingin melihat reply-nya sehingga bisa melakukan analisa hasil ping, lakukan sbb.
  • Dari Start - Run ketik cmd, lalu tekan Enter.  akan muncul jendela command prompt. Selanjutnya
  • ketik : cd [spasi] c:\ dan tekan [Enter] lanjutkan dengan
ketik : ping [spasi] www.google.com  dan tekan [Enter]  maka akan muncul seperti gambar-2 dibawah ini
ping-google Reply Ping MTU dari server Google.com

Memahami Reply Ping

Pemahaman gambar diatas adalah :
  • Ping servicer nya adalah www.google.com, silahkan kalau mau menggunakan ping servicer lain.
  • Nilai MTU yang di-ping adalah (cuma) = 32. Bandingkan dengan nilai MTU yang ada di registry komputer Anda.
  • Packet data yang dikirim (=MTU) adalah 32 bytes.
  • Packet data dikirim 4 kali dan di-reply 4 kali pula.
  • Transmisi paket data SUKSES. (sent=4, recieved=4, lost=0 / 0%loss)
  • TTL (Time to Live) tersisa = 54 hops.
  • Perkiraan kebutuhan waktu transmisi minimum =79ms, max=112ms, rata rata=100ms

Perhatikan :
Status ping diatas memang Sukses 100% tanpa ada kehilangan data (loss 0%).
Tetapi itu TIDAK/BELUM menjamin bahwa level koneksi Anda yang sesungguhnya sudah optimal. Sebab nilai MTU nya di-set (oleh Google) amat rendah (=32).

Bandingkan berapa nilai MTU yang di-set oleh Windows (atau oleh Anda) dalam registry. Dalam artikel saya berjudul Mengenal MTU tampak bahwa nilai MTU dalam registry adalah MTU=1500. Sangat jauh dibanding setting Google yang = 32. Jelas saja, transmisi paket data "seringan =32" ini pasti sukses.

Padahal setting MTU pada komputer bukan 32, tetapi jauh lebih besar, sehingga hasil Ping pada nilai MTU=32 jelas tidak relefan dengan nilai MTU yang sebenarnya di komputer. Sama sekali tidak memberi gambaran kualitas koneksi kita.

Gambarannya begini, Anda pasti akan dengan mudah memindah benda seberat 32kg kesuatu tempat. Bagaimana jika benda tsb beratnya 1500kg, bisakah?
Padahal kita pasti menginginkan koneksi yang cepat, berarti nilai MTU harus semaksimal mungkin.  Dengan Ping kita akan bisa menganalisa apakah setingan MTU (setingan koneksi) sudah optimal apa belum. Dan tujuan Ping adalah untuk mencari tahu seberapa optimal sistem koneksi (internet) kita. 

Anggaplah bahwa nilai MTU adalah ukuran maksimum besarnya "paket data" yang bisa di-transfer oleh koneksi kita. Semakin besar paket data yang bisa dikirim, berarti koneksi semakin cepat. Jadi kalau paket data cuma=32 tentu koneksi akan sangat lambat. Maka ukuran paket data harus di-set semaksimal mungkin, dan ini membutuhkan uji-coba setting MTU. Ping adalah alat untuk mengetahui hasil uji-coba setting-an kita tsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar